02 September, 2008

Berita Metropolis 01-September-2008

[ Senin, 01 September 2008 ]

Luncurkan Album Dakwah Hip-Hop

Anak-Anak SD Kreatif Muhammadiyah 16

SURABAYA --SD Kreatif Muhamadiyah 16 Surabaya memiliki cara tersendiri dalam mengapresiasi potensi anak-anak didiknya. Cara yang dilakukan dengan membuat grup musik hip-hop yang kemudian dialbumkan.

Salah satu kreatornya, Heru Cahyono, mengatakan, album tersebut merupakan bentuk dari kegiatan ekstrakulikuler siswa kelas 4 SD Kreatif Muhamadiyah 16 Surabaya. Tujuan utamanya untuk mengekspresikan bakat dan kemampuan siswa di bidang musik.

Menurut Heru, lagu anak-anak tenggelam di blantika musik Indonesia. Bahkan, musik dakwah untuk anak-anak hampir hilang. Dalam album tersebut, anak-anak benyanyi dengan musik hip-hop Amerika. Hanya, syair yang dilagukan berisikan syiar agama Islam.

''Kami memilih hip-hop agar mudah ditangkap anak-anak. Yang penting, isi syiarnya sampai,'' tutur Heru.

Heru menjelaskan, album itu sengaja di-launching pada bulan Ramadan, sehingga bisa dinikmati anak-anak. ''Ya, kita isi Ramadan ini dengan syiar agama,'' katanya.

Untuk itu, SD yang berada di kawasan Barata Jaya itu menggandeng salah satu personel grup hip-hop asal Surabaya Nucleus. Personel yang bertugas membimbing dan membuatkan lagu dalam album yang berjudul Siapa yang Suka adalah Anton Surya Atmaja.

Menurut pembimbing yang akrab disapa Raen itu, inti dari pembuatan album itu adalah melatih mental anak-anak. Anak-anak yang awalnya pemalu, kata Raen, menjadi berani bernyanyi dan berjoget ala hip-hop di atas panggung. ''Itu merupakan pembentukan mental dan karakater anak.''

Mendidik anak-anak dengan musik hip-hop, kata Raen, membutuhkan kesabaran. Sebab, karakter setiap anak berbeda. Jadi, mereka harus giat berlatih vokal, artikulasi, gerakan, dan ekspresi bernyanyi ala hip-hop. ''Pada awalnya, mendidiknya sangat sulit. Namun, dengan bantuan guru-guru lain, kami dapat masuk pelan-pelan ke anak-anak itu,'' jelas Raen.

Memang, untuk melatih anak-anak perlu menyesuaikan karakter musik dan liriknya yang sesuai dengan jiwa anak-anak. ''Kami membutuhkan waktu enam bulan hingga anak-anak bisa,'' kata Raen. ''Hasilnya menarik,'' tambahnya.

Album itu berisi sembilan judul lagu. Semua bertema tentang imbauan kepada teman-teman mereka. Di antaranya tentang pentingnya doa sebelum makan, rajin bersedekah, pentingnya bermaaf-maafan, marhaban ya ramadhan, dan lailatul qadar. Album itu dinyanyikan oleh sembilan anak kelas empat. Di antaranya Henrico Ibrahim Kahfi, Muhammad Rifqi, Fadhil, dan Irfan. ''Rencananya album tersebut kami jual ke pasaran dalam waktu dekat,'' kata heru. (al/ari)


No comments: